Thursday, June 25, 2009

"The Swine Has Landed"

Salam Jakarta - dari berbagai sumber.

Awas, flu babi telah datang!!

Seperti yang banyak dilansir media luar dan dalam negeri, flu babi telah sampai di Indonesia. Sejauh ini telah terdeteksi 2 kasus. Yang petama adalah seorang pilot yang masuk Jakarta dari penerbangan Hong Kong dan Australia baru-baru ini, dan lainnya adalah seorang turis (British) di Bali  yang tinggal di Australia. 

Dalam Keterangannya Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan bahwa turis wanita asal Australia ini kini tengah dirawat intensif di RS Sanglah Bali. Dikabarkan bahwa turis itu datang minggu lalu dari Australia dalam keadaan telah sakit dan kemudian memburuk kondisinya ketika berada di Bali. Sedangkan sang pilot Tengah dirawat di Jakarta.

Bu Menkes khawatir bahwa banyaknya turis asing datang ke Bali, khususnya dari Australia, bisa menularkan dan menyebarkan virus flu babi ini lebih luas ke Indonesia. Bu Menkes menambahkan, belum ada orang Indonesia yang terinfeksi oleh virus tersebut (yang berada di Indonesia). Kabar terakhir (06/24)  mengatakan bahwa telah ada 4 orang Indonesia yang telah tertular, namun keberadaan 4 orang tersebut di luar negeri (Singapura, Malysia, Cina, dan Australia).

Indonesia telah melakukan tindakan khusus pencegahan, dengan antara lain dipasang alat scanner khusus di bandara-bandara pintu masuk dari luar negeri, terutama Bali, dan persiapan penyediaan tamiflu, serta penyiapan fasilitas RS.

REFERENSI (links):

Indonesia confirms first two cases of swine flu

4 WNI Kena Flu Babi

Indonesia worried Aussies bringing swine flu to Bali

Untuk Mengakses kabar terkini mengenai Flu Babi, bisa dilihat di:

WHO -- Situation updates - Influenza A(H1N1)

Serba-serbi, pencegahan dll:

How can I protect myself from getting influenza A(H1N1) from infected people?