Tuesday, June 30, 2009

Turis Asing Diminta Memakai Masker....

Salam Jakarta - dari berbagai sumber

Indonesia berencana untuk memberlakukan peraturan kepada turis asing terutama dari Australia dan dari negara-negara yang tercatat warganya terkena wabah virus flu babi untuk memakai masker.

Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dalam rangka antisipasi masuknya wabah flu babi melalui penularan manusia ke manusia. Seperti diberitakan, tercatat 6 orang lagi terinfeksi virus tersebut di Indonesia, sehingga jumlah total yang terinfeksi mencapai 8 orang.

Perlu diketahui bahwa Australia merupakan salah satu negara yang terkena dampak paling buruk akibat flu babi, setidaknya tercatat 4,000 kasus terinfeksi.

Para turis akan diberikan masker saat tiba di bandara, dan diminta untuk memakainya setidaknya selama 3 hari pertama. Namun mereka tidak akan dikenakan sanksi apabila kedapatan tidak memakainya, misalnya saat berenang dsb. Sebelumnya pemerintah juga telah memasang alat scanner di bandara-bandara untuk keperluan terkait.

Sementara itu para ahli kesehatan kawatir apabila dengan masuknya virus flu babi (H1N1 flu) ke Indonesia dan kemudian berkombinasi dengan virus flu burung (H5N1 avian influenza) yang telah masuk duluan dan tersebar di Indonesia akan menghasilkan jenis flu baru yang lebih mematikan. 

Dan meski skenario terburuk di atas tidak terjadi, tetap saja dikawatirkan akan menimbulkan banyak korban dikarenakan jumlah penduduk yang banyak dan sistim kesehatan yang belum memadai.

Sejauh ini tercatat sudah 115 orang meninggal akibat flu burung dan semoga tidak bertambah lagi dengan kehadiran flu babi.

REFERENSI:

Indonesia to ask tourists to wear masks  - SMH, 30 June 2009

Will two flus mix in Indonesia? Experts worry - Reuters, 30 June 2009

Indonesia reports 6 more A/H1N1 cases  - Xinhua, 28 June 2009

Untuk Mengakses kabar terkini mengenai Flu Babi, bisa dilihat di:

WHO -- Situation updates - Influenza A(H1N1)

Serba-serbi, pencegahan dll:

How can I protect myself from getting influenza A(H1N1) from infected people?